Apa Arti Sukses

Semua orang ingin sukses. Siapa sih yang tidak mau sukses? Orang yang paling pemalaspun dalam lubuk hatinya membayangkan hidup dalam kesuksesan dalam versinya sendiri. Seperti bergandengan dengan istrinya pergi ke mol berbelanja. Pulang dengan mobil sport menuju rumah mewah idamanya. Meskipun mereka hanya bermimpi dan tidur- tiduran dibelai oleh selimutnya sendiri di tempat tidurnya. Ya semua orang inigin sukses. Siapa yang mau jadi pecundang.
Banyak orang mendefinisikan "sukses" saat mereka dapat mewujudkan keinginan mereka. Saat dapat membeli mobil, rumah mewah, punya banyak uang, punya status dalam masyarakat. Apa arti semua itu? Mungkin anda mengartikan kesuksesan dalam versinya masing- masing dan mungkin menurut anda versi sendiri andalah yang paling benar. Apa sebenarnya sukses itu? Saatnya kita merenung mengkaji ulang tentang makna kesuksesan  jauh dalam- dalam di hati sanubari kita. Terima kasih karena kita mau membuka mata hati kita. Jika kita tahu apa itu sukses kita akan menemukanya asal kita sungguh-sungguh mengenalnya.
Lebih mudahnya kita akan  mencari seseorang yang bernama Andi diantara kerumunan orang. Dia berambut keriting. Pasti kita akan mencari seseorang berambut keriting. Ternyata Si Andi telah potong rambut tanpa sisa alias gundul. Bagaimana kita akan menemukanya. Mungkin akan kita temukan pada akhirnya tetapi jauh lebih bekerja keras dan mengeluarkan energi ekstra. Tetapi kok Si Andi belum ditemuakan juga?
Jangan biarkan diri kita kebingungan mencari "sukses" karena tidak tau makna sukses yang sebenarnya. Bisa saja anda temukan dengan jalan panjang berliku dan perjuangan yang keras. Dengan lebih mengenal tentang arti sekses yang sebenarnya, mudah- mudahan tujuan kita semakin jelas dengan mengeluarkan si "sukses" lebih mudah.
Apa mengeluarkan sukses? iya benar dengan kata lain sukses berada di dalam diri kita tinggal diaktifkan saja maka sukses sudah otomatis keluar dan aktif bersama anda. 
Sukses bersifat internal. Sudah ada di dalam diri kita. Berdiri sendiri dengan kekurangan dan kelebihanya. Sukses bisa kita jumpai di dalam diri kita, di dalam hati.kita. Bisa dibarengi dengan materi yang berkelimpahan mungkin sebaliknya. Karena sukses lebih bersifat spiritual. Tidak semua orang yang berkelimpahan materi, jabatan yang tinggi adalah orang sukses. Sebaliknya orang yang nampak biasa saja bisa jadi adalah orang sukses. Semua yang nampak seperti materi, status, benda adalah konsekuensi atau akibat dari kesuksesan. Bukan sukses itu sendiri.
Bayangkan ada seorang anak kelaparan di pinggir jalan sudah tidak berdaya menangis dan hampir pingsan. Tiba- tiba ada sesorang pengemis lewat, dia mempunyai sepotong roti satu- satunya yang akan dia makan. Karena kasihan dengan anak itu akhirnya si pengemis memberikan rotinya kepada anak itu dan merelakan dia tidak jadi makan. Bandingkan dengan orang kaya sombong yang sama sekali tidak peduli dengan anak kelaparan tersebut dan pergi meninggalkanya. Bagaimana menurut anda? Siapa yang sukses? Si pengemis yang dermawan atau orang kaya sombong? Mungkin akan jauh lebih indah andaikan si kaya itu dermawan.
Saya tidak menganjurkan anda untuk menjadi pengemis atau menjadi orang biasa saja, silahkan anda mau menjadi orang kaya, berstatus atau apapun itu. Karena saya sendiri adalah orang yang menjunjung tinggi dignity. Lebih menghargai hasil jerih payah sendiri.
Sukses bukanlah tujuan, bukan juga perjalanan, sukses adalah mindset. Jennie S. Bev dalam Rahasia Sukses Terbesar.
Sukses adalah mindset (pola pikir) apa maksudnya? Kurang lebih begini pola pikir orang sukses memandang kegagalan sebagai guru, selalu berusaha memperbaiki diri sendiri akan terus berkembang dan jika ia menghadapi kesulitan ia memandang sebagai tantangan dan jika gagal akan mencari kesalahanya lebih berintrospeksi diri dan memperbaiki kesalahanya dan selalu berkembang lebih baik. 
Mungkin akan berbeda dengan seseorang yang bermindset pecundang. Ia sibuk mencari kambing hitam, tidak introspeksi dan mudah sekali menyerah dengan keadaan, ia akan menyalahkan takdir situasi dsb. yang sebenarnya masalahnya adalah dirinya sendiri akan sangat sulit sekali berkembang.
Seribu alasan untuk tidak sukses tidak akan berpengaruh jika ada satu alasan untuk sukses. Yang kita lakukan adalah fokus pada satu alasan untu sukses. Apapun alasan anda fokuslah. Karena keadaan akan mencetak anda untuk gagal karena arus pada umumnya adalah arus jelek. Bisakah kita melawan arus? Kebanyakan orang tidak akan tahan terhadap keadaan dan mengubur impianya dalam- dalam. Contohnya seseorang ingin menjadi pengusaha. Orang di sekekliling kita akan menentang mengkritik mencaci. Bahkan orang terdekat kita yang kita cintai. Jika kita terus melangkah melawan arus dan terus maju dan sauatu saat berhasil. Kita akan dipuji puji dan dielu elukan. Itulah manusia selalu ingin lihat enaknya saja.