Berpikir kreatif

Para pemikir brilliant adalah orang yang Berpikir kreatif. Mereka sangat menikmati proses berpikir dan melahirkan gagasan baru. Gagasan yang mungkin tak terbanyangkan. Berpikir kreatif cara terbaik meningkatkan kreatifitas pribadi.

Setiap manusia mempunyai masalah masing- masing. Namun ada kalanya manusia menemui jalan buntu sulit untuk menemukan jalan keluar. Katakanlah anda berada dalam masalah yang pelik barangkali di rumah ,dalam pekerjaan, urusan pribadi, sudah berusaha keras mengatasi masalah tersebut tetapi tak kunjung mendapatkan solusi atau terobosan apapun. Apa yang dapat anda lakukan?

Dalam buku How to be Brilliant Tinker karya Paul Sloane ada beberapa metode cara berpikir kreatif yang sangat membantu. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menemukan solusi dari masalah anda yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi:
  1. Kembangkan imajinasi liarmu entah itu apa, tuliskan sebanyak mungkin gagasan yang terlintas di pikiran. Gagasan pintar, gagasan kreatif gagasan bodoh, dan sebagainya. Jangan hakimi atau menolak gagsan apapun pada tahapan ini biarkan semua mengalir dan curahklan sebanyak mungkin gagasan yang terpikirkan. Bila orang lain dapat membantu akan lebih baik. Ketika telah benar- benar selesai pada proses ini. Saatnya anda menyeleksi gagasan- gagasan yang mungkin layak dan akankah bekerja dengan efektif. Coretlah gagasan yang tidak efektif dan beri tanda cek untuk gagasan yang efektif.
  2. Gambarlah sebuah diagram "Mengapa mengapa" Tuliskan beberapa pertanyaan dan tuliskan juga jawaban- jawaban. Pada tahap ini anda sedang menggapai pemahaman yang lebih mendalam tentang kemungkinan-kemungkinan penyebab masalah. Memudahkan anda menemukan solusi segar karena anda tau masalah lebih mendalam.
Ini adalah 2 dari beberapa metode dalam buku, sudah cukup membuat kita lebih kreatif untuk mengatasi masalah - yang sedang dihadapi Saya yakin kita semua punya msalah, saya juga. Untuk mengingatkan diri saya sendiri saya mencatatnya.  Mudah mudahan bermanfaat juga bagi para pembaca.