Mengatasi kebuntuan ide dalam menulis

Saat kehilangan ide menulis apa yang harus dilakukan? salah satu cara yang mudah adalah dengan teknik menulis bebas. Bagaimana caranya menulis bebas? Tinggal tulis saja tanpa henti hingga selesai. Yang harus dilakukan disini hanya menulis tanpa henti. Satu detik adalah berarti. Jika kita terhenti dalam satu detik kita kehilangan ide dan momen berharga untuk menuangkan ide maka tulisan dan kalimat juga macet dan ini cukup berbahaya menimbulkan kita ketagiahan untuk menunda-nunda waktu. Bukanya membuahkan hasil karya yang memuaskan malah bisa memakan waktu dan karangan tidak jadi-jadi  karena kepala kita terus menerus kebingungan untu mencari ide.

Bagaimana jika kita benar benar tidak tau apa yang akan kita tulis? Ambilah satu topik terserah. Apapun topik itu kembangkan dengan cara menulis bebas. Karena satu topik bisa dijelaskan panjang lebar. Semua buku adalah berawal dari satu topik yang sering kita sebut judul dapat berkembang menjadi kata-kata, kalimat, paragraf, bab demi bab dan menjadi sebuah buku.

Jangan pedulikan hasil karena tahap ini baru tahap pertama. Biasanya sangat berantakan tulisanya. Karena ide sangat meluas dan kalimat mungkin belum tersusun dengan rapi. Kata-kata tak karuan. Tidak masalah. Karena baru disimpan di dalam draf. Jangan berheti sampai ide kita sudah benar-benar keluar semuanya. Karena ide sebenarnya tidak terbatas asalkan kita tidak berhenti untuk menulis.Ide demi ide akan bermunculan seiring berjalanya menulis. Tidak tau mengapa? biasanya ide akan terus mengalir membanjiri kepala. Bahakan ide- ide yang sama sekali tak terfikirkan sebelumya bisa keluar melalui teknik ini. Hanya ada satu kunci disini yaitu tidak berhenti untuk menulis. Kata-kata salah ketik misalkan jangan hiraukan terus melaju mengetik sampai habis tuntas dan selesai semua ide dalam kepala tertuang.

Jika kita telah selesai menulis bebas. Kini saatnya proses revisi. Proses ini lebih memakan waktu dan tingkat ketelitian ekstra. Karena kita harus meneliti kata demi kata, kalimat-per kalimat, paragraf, semua yang janggal akan kita perbaiki. Jika kita menemui kalimat, paragraf atau bab yang tidak penting buang saja bila memang tidak perlu. Jangan salah, buku- buku, majalah koran- koran, sudah berkali kali memakan proses perbaikan dan diseleksi ketat. Bisa memakan waktu berjamjam, berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Hingga menjadi tulisan yang layak dan siap untuk disantap para pembaca.

Semoga dengan teknik menulis bebas bisa membantu. Dan meningkatkan kreatifitas dalam menulis. Selamat mencoba.