cara mengatasi insomnia

Taukah anda? Menurut survey di Amerika yang dilakukan oleh American Cancer Society dari 1,1 juta orang mereka yang memiliki kebiasaan tidur selama 7 jam setiap hari memiliki tingkat kematian terendah. Sedangkan mereka yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 8 jam memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. Tidur 8,5 jam tiap hari dapat meningkatkan tingkat kematian 15% lebih besar. Insomnia kronis 3,5 jam tidur bagi wanita dan 4,5 jam laki-laki menyebabkan kanaikan 15% tingkat kematian. Setelah mengontrol durasi kebiasaan tidur, penggunaan pil juga berkaitan dengan angka kematian.

Insomnia adalah gejala kelainan tidur berupa susah untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk tidur, biasanaya diiuti gejala fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan gangguan psikologis atau gangguan kesehatan. Salah satu terapi  psikologis yang efektif untuk mengatasi insomnia adalah terapi kognitif dimana passien mengubah kebiasaan pola tidurnya dan menghilangkan kebiasaan dengan obat tidur yang menyebabkan passien sangat tergantung dengan obat tidur atau obat penenang lainya. Seseorang berfikir bahwa dia tidak bisa tidur atau beristirahat tanpa obat tidur. Pola pikir seperti itu cukup membahyakan bagi psikologis dan kesehatan dan sulit untuk melepaskan kebiasaan ketergantungan dengan obat tidur dan obat penenang lainya.

Kebanyakan orang insomnia adalah karena strres. Untuk memudahkan kita untuk tidur ada beberapa cara salah satunya yang sangat efektif adalah meditasi. Efektif untuk menghilangkan stres. Ada beberapa cara step bay step hingga kita bisa tertidur dengan meditasi. Dengan meditasi dapat sekaligus menenangkan jiwa. Pada umumnya meditasi menyebabkan kantuk sekaligus beristirahat. Menjalani meditasi bisa dalam keadaan apapun bisa juga dengan berbaring. Di bawah ini adalah bebarapa cara untuk cepat tidur dengan meditasi.

  1. Mengkodisikan diri dalam keadaan sangat rileks dan nyaman. 
  2. Tarik nafas dalam- dalam secara perlahan keluarkan semua udara tanpa sisa dengan perlahan juga, membuat anda semakin rileks. Melakukan terus menuerus hingga nafas teratur.
  3. Mengilangkan semua pikiran. Apapun itu jangan fikirkan apa -apa.
  4. Bila sesuatu pikiran muncul tiba-tiba jangan berusaha untuk menghilangkan pikiran karena hal ini masih dalam berpikir.
  5. Menghilangkan semua pikiran tanpa daya atau usaha untuk menghilangkan pikiran. Bila sudah dalam keadaan ini biasanya otak kita sudah jauh lebih tenang, bila sudah merasa hampa bisanya rasa kantuk sudah mulai melanda.
  6. Melakukan berulang kali hingga tertidur

Selamat beristirahat.